Kiat Membangun Self Improvement dengan Mempelajari Ilmu Ini

Pengembangan pribadi adalah frasa yang merujuk pada aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan bakat, potensi, serta kemampuan kerja. Setiap kali kamu secara sadar berusaha untuk memperbaiki diri sendiri, artinya kamu berpartisipasi untuk terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini tentunya akan membawa dampak yang baik untuk kehidupanmu. Berikut #CottoninkTeam sampaikan kiat membangun self improvement dengan ilmu-ilmu di bawah ini.

 

  1. Healthy Lifestyle

Menjalani gaya hidup sehat penting bagi siapa saja yang ingin merasakan tetap sehat dan fit seiring bertambahnya usia. Gaya hidup sehat dapat membantu kamu merasa lebih baik. Kamu bisa mengawalinya dengan membaca banyak wawasan tentang ilmu kesehatan dan mulai rajin berolahraga. Kamu bisa memulainya dengan memilih apa yang akan dikonsumsi. Kamu harus memastikan tubuh kamu menerima semua nutrisi baik yang dibutuhkan, serta menghindari makanan atau minuman dengan kandungan tinggi gula dan tinggi lemak.  Pastikan juga tubuh terhidrasi untuk memastikan tubuh kamu sehat dan tentunya akan meningkatkan aspek lain seperti kesehatan mental, konsentrasi, dan produktivitas.

 

  1. Mental Health and Creativity

Pada 2015, psikolog dan terapis Dr. Cathy Malchiodi mengutip beberapa penelitian yang menegaskan bahwa menjadi kreatif dapat meningkatkan emosi positif, mengurangi gejala depresi, mengurangi stres, mengurangi kecemasan, dan bahkan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Pengaruh positif akan membawa suasana hati yang positif, seperti kegembiraan, kebahagiaan, dan optimisme. Pengaruh positif yang lebih tinggi menurunkan stres dan memperluas perspektif sehingga seseorang akan melihat lebih banyak peluang yang bagus dalam hidup. Cobalah mulai melirik akun maupun website yang membahas kesehatan mental, kreativitas, serta pengembangan diri. 

 

  1. Financial Literacy

Apa pun kondisi keuangan kamu saat ini, kamu harus memiliki rencana yang baik untuk mengelola keuangan pribadi. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa mempelajari financial literacy dan manajemen keuangan pribadi itu sangat penting. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kamu pandai mengelola keuangan, di antaranya; mengontrol keuangan dengan baik, mengatur pengeluaran dan mengelola tabungan, dapat menetapkan tujuan keuangan yang jelas, dan membangkitkan keinginan untuk memperoleh uang yang lebih banyak lagi untuk ditabung sebagai simpanan. 

 

  1. Basic Marketing and Business

Dalam kehidupan sehari-hari sadar atau tidak sebenarnya kita sangat familiar dengan kegiatan marketing. Mulai dari berpenampilan, cara berkomunikasi dengan orang, bahkan sampai pada bernegosiasi. Marketing sendiri masih banyak didefinisikan oleh orang-orang sebagai aktivitas jualan, atau memasarkan suatu produk saja, padahal marketing juga bisa diaplikasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam konteks yang lebih khusus, marketing juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam dunia bisnis. Kamu bisa mengawalinya dengan mengikuti course yang disediakan oleh banyak platform, bahkan tak sedikit yang menyediakan course secara gratis.